SELAMAT DATANG DI ADHY'S BLOG ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Jumat, Februari 20, 2009

Wantimpres Gali Informasi di Soppeng

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), pada Rabu siang , 18 Februari 2009 melakukan kunjungan ke Kab. Soppeng dengan maksud memperoleh informasi kondisi kelembagaan, sumber air dan pertanian daerah Kab. Soppeng.
Kedatangan Wantimpres yakni Prof. Dr. Ir Rudy A. Gani dari bidang Pertanian dan Prof. Dr. S. Budhi Santoso dari bidang Sosial Budaya beserta rombongan disambut Bupati Soppeng Drs. H. A. Soetomo, M.Si dan Wabup Drs. A. Sarimin Saransi, M.Si beserta jajaran eselon II Pemkab. Soppeng, para camat dan kepala Bagian Setda, di Rujab Bupati Soppeng yang setibanya dijamu dengan santap siang bersama.

Sebelum menjelaskan maksud kunjungan, Rady A. Gani yang putra asli Soppeng selaku Ketua Tim memperkenalkan satu persatu anggota rombongan yang hadir diantaranya sekretaris Watimpres bidang pertanian Prof. Dr. Ir. Ambo Ala dan staf watimpres lainnya, Ketua KTNA Sul-Sel dan beberapa kepala unit kerja dinas Provinsi Sul-sel terkait. Kedatangannya untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang revitalisasi pertanian dan ketahanan pangan. “ informasi yang diperoleh akan dijadikan bahan pertimbangan strategis Presiden” ungkapnya.
Rady A. Gany menambahkan bahwa Sul-Sel merupakan salah satu dari 14 provinsi yang turut serta dalam program peningkatan produksi pangan nasional, dan Soppeng sebagai daerah di Sul-Sel berhasil mewujudkan peningkatan pangan diatas 5 %. Selain itu, kedatangannya juga untuk mengetehui perkembangan dan masalah-masalah kelestarian lingkungan hidup danau Tempe serta masalah pertanian lainnya.
Sedangkan Bupati Soppeng dalam pemaparannya menjelaskan tentang gambaran Pertanian Kab. Soppeng diantaranya program sub sektor tanaman pangan dan holtikultura yang dilakukan dalam rangka menghindari banjir dan perbaikan danau tempe, penerapan teknologi pertanian, hambatan-hambatan ketersediaan sarana produksi dan kondisi infrastruktur pertanian Kab. Soppeng.
Kelangkaan pupuk yang juga menjadi masalah pertanian ditekankan Bupati dalam pertemuan tersebut. “sejak distribusinya dengan sistem tertutup, pupuk tidak mampu memenuhi kebutuhan yang ada” ungkapnya. Bahkan Bupati pernah menghubungi lagsung melalui telepon pimpinan distributor. “Selama ini distributor kurang memahami kebutuhan petani dan waktu distribusinya tidak mengikuti musim tanam yang berlaku”, terangnya.
Informasi tentang pertanian di Kab. Soppeng juga turut dijelaskan Kadis Pertanian yang memaparkan data infrastruktur pertanian, surplus padi dan jagung Kab. Soppeng selama tahun 2008.
Bupati Soppeng dan anggota Watimpres S. Budhi Santoso melakukan tukaran cindera mata sebelum mengakhiri pertemuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
(c) free template